Kiat – Kiat Menjaga Kestabilan Tubuh saat Berpuasa

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk memberikan beberapa kiat-kiat untuk menjaga kestabilan tubuh anda dalam Bulan Suci Ramadhan, berikut adalah kiat-kiatnya :

  1. Konsultasi ke Dokter
    Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menjalankan puasa Ramadan untuk mengetahui jenis makanan, multivitamin, serta aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan selama berpuasa.
  2. Atur Jadwal
    Walaupun secara umum Anda dinyatakan sehat,  berpuasa tetap akan membuat Anda lemas. Untuk itu, aturlah jadwal dan makanan untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi dan cairan sesuai dengan kebutuhan. Tak lupa atur ulang jam istirahat Anda. Ngantuk di saat puasa bukan disebabkan oleh berkurangnya asupan makanan, tapi karena waktu tidur yang berkurang.
  3. Ingat Sahur
    Jika belum terbiasa, bangun dan makan di pagi buta memang sulit. Namun jangan sampai karena alasan ini Anda meninggalkan sahur. Selain sunah, sahur merupakan saat di mana Anda dapat memperoleh energi untuk beraktivitas dari pagi hingga petang nanti. Walau begitu, jangan makan berlebihan. Fokuslah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, buah atau sayuran, dan minum banyak air serta hindarilah makanan yang pedas dikala sahur.
  4. Jangan Kepanasan
    Selama berpuasa, usahakan berada di tempat yang teduh dan kurangi aktivitas fisik serta istirahat jika memungkinkan, akan tetapi banyak beristirahat juga membuat tubuh kita menjadi lemas.
  5. Makan Bertahap
    Jika waktu berbuka telah tiba, berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma, susu, ataupun jus buah. Hindari langsung mengkonsumsi banyak makanan. Sebab, ini hanya akan membuat perut Anda terasa penuh karena selama berpuasa lambung Anda akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Setelah salat magrib, baru lanjutkan dengan makan secukupnya.
  6. Utamakan Air Putih
    Hindarilah untuk mengkonsumsi teh, kopi, ataupun soda di malam hari. Ketika mengunjungi teman atau keluarga, mintalah air putih saja. Sediakan juga air di kamar tidur. Ini akan menjaga Anda tetap mengkonsumsi 8 gelas air per hari agar tak kekurangan cairan.
  7. Tetap Berolahraga
    Usahakanlah kita tetap untuk berolahraga walaupun itu hanya sesekali, karena dengan itu anda akan menjaga kebugaran tubuh anda selama berpuasa.
  8. Hindari Gorengan dan Makanan Pedas
    Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Makanan pedas juga akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.

Advertisements

~ by fajarkristian on 24/07/2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: